flash fortex

Senin, 14 Mei 2012

JALAN HIDUP KAUM SUFISME


 ▪ Pengertian :
Riyadhoh adalah Latihan Penyempurnaan diri secara terus menerus yang datangnya dari Allah SWT ditujukan kepada Hamba-Nya. Semuas kondisi puncak, puncak kebahagiaan, puncak penderitaan, puncak kegembiraan, puncak kesedihan merupakan wujud dari Riyadhoh. Datangnya secara tiba-tiba, tidak pasti dan tidak disangka. Manusia hanya mempersiapkan diri dengan berbagai latihan-latihan jiwa, semua dating dan pergi tanpa sempat bertanya kenapa ini terjadi. Kunci sukses dari Riyadhoh adalah Kepasrahan diri, menerima dengan ikhas dan lapang dada semua yang diberikan sang Khaliq.
Takholli (Takhalli minal akhlaaqil madzmuumah, lepaskan dirimu dari perangai tercela.) Menghapus perbuatan tercela. Dalam mencapai Asmaul Husna, harus ada sifat menghayati, bertobat dengan cara istiqomah dan ikhlas.
Tahalli (Tahalli nafsaka bil akhlaaqil mahmuudah, isilah jiwamu dengan akhlaq yang terpuji) : Mengisi dengan perbuatan terpuji. Biasanya yang dilakukan para sufi dalam Bertahalli adalah Berdzikir.
Tajalli (Jelaslah Tuhanmu di hadapanmu, maksudnya,Allah jelas dalam zihn dan kehidupan jiwa, hijaab tersingkap menjelma kasysyaaf. Demikianlah Takhalli permulaan atau bidaayah dengan melalui Tahalli, kemudian kesudahan atau nihaayah adalah Tajalli.) : Siap-siap. Yang dimaksud Tajalli disini adalah Aplikasinya
Segala akhlaqul madzmumah yang merupakan ma’shiatul baathin dikikis habis, lalu diisi dengan akhlaqul mahmudah yang merupakan ‘ibaadatulqalb atatu thaa’atul baathin.
Seperti diketahui bahwa maksud agama ialah agar manusia meninggalkan larangan, yaitu menjauhkan diri dari maksiat dan mengerjakan semua perintah Allah yaitu beramal kebajikan. Lebih didahulukan meninggalkan larangan daripada mengerjakan suruhan, Karena memang diakui bahwa meninggalkan semua larangan adalah lebih sukar daripada mengerjakan suruhan, walaupun sebenarnya pada diri manusia itu lebih banyak kecondongan pada kebaikan daripada kepada kejahatan. Hanya saja itu memang sukar, karena pengaruh yang telah diterima manusia dari alam sekitarnya.

Tidak ada komentar: